Kanker Pankreas pada Anak-Anak

Kanker pankreas adalah penyakit di mana sel-sel ganas (kanker) terbentuk di jaringan pankreas. Pankreas adalah kelenjar berbentuk buah pir sepanjang 6 inci. Ujung pankreas yang luas disebut kepala, bagian tengah disebut tubuh, dan ujung sempit disebut ekor. Berbagai jenis tumor dapat terbentuk di pankreas. Beberapa tumor bersifat jinak (bukan kanker).

Pankreas memiliki dua pekerjaan utama dalam tubuh:

    Untuk membuat jus yang membantu mencerna (memecah) makanan. Jus-jus ini disekresikan ke dalam usus kecil.
    Untuk membuat hormon yang membantu mengontrol kadar gula dan garam dalam darah. Hormon-hormon ini disekresikan ke dalam aliran darah.

Jenis Kanker Pankreas yang Mempengaruhi Anak-Anak

Ada empat jenis kanker pankreas pada anak-anak:

    Tumor pseudopapiler padat pankreas
Ini adalah jenis tumor pankreas yang paling umum. Ini paling sering mempengaruhi wanita yang lebih tua remaja dan dewasa muda. Tumor memiliki bagian yang mirip kista dan padat. Tumor pseudopapiler padat pankreas tidak mungkin menyebar ke bagian tubuh lain dan prognosisnya sangat bagus.

    Pancreatoblastoma
Biasanya terjadi pada anak-anak berusia 10 tahun atau lebih muda. Anak-anak dengan sindrom Beckwith-Wiedemann dan sindrom poliposis adenomatosa familial (FAP) memiliki peningkatan risiko mengembangkan pancreatoblastoma. Tumor ini dapat membuat hormon adrenocorticotropic (ACTH) dan hormon antidiuretik (ADH). Pancreatoblastoma dapat menyebar ke hati, paru-paru, dan kelenjar getah bening. Prognosis untuk anak-anak dengan pancreatoblastoma adalah baik.

    Tumor sel islet
Tumor ini tidak umum pada anak-anak dan bisa jinak atau ganas. Tumor sel islet dapat terjadi pada anak-anak dengan multiple endocrine neoplasia tipe 1 (MEN1) sindrom. Jenis tumor sel islet yang paling umum adalah insulinomas dan gastrinoma. Tumor ini dapat membuat hormon, seperti insulin dan gastrin, yang menyebabkan tanda dan gejala.

    Karsinoma pankreas
Karsinoma pankreas sangat jarang pada anak-anak. Dua jenis karsinoma pankreas adalah karsinoma sel asinar dan adenokarsinoma duktal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar