Kanker Pankreas

Pankreas adalah organ di perut bagian atas yang terletak di bawah perut dan berdekatan dengan bagian pertama dari usus kecil, yang disebut duodenum. Pankreas terdiri dari kelenjar yang bertanggung jawab untuk berbagai tugas. Fungsi kelenjar pankreas dapat dibagi menjadi dua kategori berikut:

    Eksokrin: Kelenjar eksokrin mengeluarkan enzim ke dalam saluran yang akhirnya kosong ke duodenum. Enzim-enzim ini kemudian membantu dalam pencernaan makanan ketika bergerak melalui usus.
    Endokrin: Kelenjar endokrin mengeluarkan hormon, termasuk insulin, ke dalam aliran darah. Insulin dibawa oleh darah ke seluruh tubuh untuk membantu dalam proses menggunakan gula sebagai sumber energi. Insulin juga mengontrol kadar gula dalam darah.

Pankreas dapat dibagi menjadi empat bagian anatomi berikut:

    Kepala - Bagian paling kanan yang terletak berdekatan dengan duodenum
    Uncinate process - Perpanjangan kepala pankreas
    Tubuh - Bagian tengah pankreas
    Tail - Bagian paling kiri pankreas yang terletak berdekatan dengan limpa

Jenis kanker pankreas yang paling umum muncul dari kelenjar eksokrin dan disebut adenokarsinoma pankreas. Kelenjar endokrin pankreas dapat menimbulkan jenis kanker yang sama sekali berbeda, yang disebut sebagai karsinoma neuroendokrin pankreas atau tumor sel islet. Artikel ini hanya membahas masalah yang terkait dengan jenis adenokarsinoma pankreas yang lebih umum.

Adenokarsinoma pankreas adalah yang paling agresif dari semua jenis kanker. Pada saat kanker pankreas didiagnosis, banyak orang sudah memiliki penyakit yang telah menyebar ke situs yang jauh di dalam tubuh (sekitar 53%). Kanker pankreas juga relatif tahan terhadap perawatan medis, dan satu-satunya pengobatan yang berpotensi menyembuhkan adalah pembedahan. Pada tahun 2010, sekitar 43.000 orang di Amerika Serikat didiagnosis menderita kanker pankreas, dan sekitar 36.000 orang meninggal karena penyakit ini. Angka-angka ini mencerminkan tantangan dalam mengobati kanker pankreas dan relatif kurangnya pilihan kuratif.

Penyebab Kanker Pankreas

Faktor risiko utama yang diakui untuk kanker pankreas termasuk yang berikut:

    Merokok (faktor risiko lingkungan paling umum)
    Kegemukan
    Usia lanjut
    Jenis kelamin laki-laki - Perbandingan laki-laki dengan perempuan kanker pankreas adalah 1.3: 1.
    Pankreatitis kronis - Peradangan pankreas, biasanya dari asupan alkohol berlebihan atau batu empedu
    Diabetes mellitus
    Riwayat keluarga kanker pankreas dan banyak faktor genetik lainnya seperti mutasi pada gen KRAS2 dan riwayat poliposis adenomatosa familial
    Konsumsi daging merah
    Laki-laki kulit hitam di AS memiliki tingkat tertinggi kanker pankreas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar